SOSIALISASI JAKSA GARDA (JAGA) DESA BABULU DARAT TAHUN 2023

  • Jul 31, 2023
  • Admin Desa Babulu Darat

Pada Kamis (27/07/2023) berlangsung acara Sosialisi Jaga (Jaksa Garda) Desa di Desa Babulu Darat. Kegiatan tersebut mengusung tema mengenai pengelolaan keuangan desa yang baik, baik yang bersumber dari APBDes, APBD TK I/II, APBN, pihak ketiga, maupun pendapatan lain-lain yang sah, dari sisi pengelolaan, pengawasan, pembinaan serta aspek hukum bagi aparatur pemerintah desa, LKD, instansi lintas  sektor di wilayah desa sera masyarakat di desa.

Kegiatan Jaksa Garda Desa merupakan program yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Penajam Paser Utara dalam upaya pencegahan penyelewengan keuangan desa. Selain penyampaian materi sosialisasi oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Penajam Paser Utara, hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Penajam Paser Utara dan Inspektorat Kabupaten Penajam Paser Utara. Penyampaian materi tidak hanya berlangsung satu arah, melainkan mendengar juga penyampaian dari masyarakat mengenai permasalahan yang ada di sekitar.

Acara berlangsung lancar dengan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari aparatur desa, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, TP PKK, kader posyandu, LKD, ketua RT, kepala sekolah di lingkungan Desa Babulu Darat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta mahasiswa KKN Universitas Gadjah Mada dan Universitas Mulawarman. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan sinergisitas untuk melakukan pencegahan tindak pidana di desa, dalam hal ini terkhusus pada korupsi.