REST AREA JEMAAH HAUL GURU SEKUMPUL DI MASJID AL-MUHAJIRIN DAN MASJID NURUL HIKMAH DESA BABULU DARAT

  • Jan 15, 2024
  • Admin Desa Babulu Darat

Haul Guru Sekumpul merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati hari wafat Tuan Guru Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari atau yang lebih dikenal dengan sapaan Abah Guru Sekumpul. Haul ini diadakan setiap tanggal 5 Rajab dan dipusatkan di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pada momen tersebut, banyak peziarah yang hadir dari berbagai provinsi dan menjadikan Haul Guru Sekumpul terus mengalami peningkatan peziarah setiap tahunnya.

Sebagai bentuk partisipasi atas kegiatan tersebut, dua masjid di wilayah Desa Babulu Darat, Masjid Nurul Hikmah di RT. 002 dan Masjid Al Muhajirin di RT. 027, menyediakan rest area sebagai tempat istirahat bagi para jemaah. Adapun fasilitas yang diberikan yaitu berupa makanan dan minuman serta tempat ibadah yang nyaman. Rest area di Masjid Al-Muhajirin direncanakan buka dari tanggal 10 Januari sampai dengan 21 Januari 2024, sedangkan di Masjid Nurul Hikmah dari 11 sampai dengan 12 Januari, kemudian akan kembali buka pada 15 Januari 2023. Adapun pendanaan yang digunakan untuk memfasilitasi keperluan di rest area yaitu bersumber dari donatur dan juga sumbangan dari warga sekitar.

Penyediaan rest area di halaman Masjid Nurul Hikmah dan Masjid Al Muhajirin sendiri sudah menjadi rutinitas tahunan sebagai wujud menyukseskan Haul Guru Sekumpul. Lokasi kedua masjid yang tepat berada di sisi jalan utama pun menjadi lokasi strategis bagi para jemaah untuk melepas penat perjalanan sejenak. Kegiatan penyediaan rest area ini juga sebagai bukti bahwa masyarakat di wilayah Desa Babulu Darat menjunjung nilai religi dan juga rasa kepedulian yang tinggi. Tentu saja jajaran Pemerintah Desa Babulu Darat mendukung kegiatan positif tersebut. Harapan dari adanya kegiatan ini mampu menjadi wadah dakwah dan sarana berbagi dalam hal kebaikan terhadap sesama.