PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA TAHUN 2023 BULAN JANUARI, FEBRUARI, DAN MARET

  • Apr 09, 2023
  • Admin Desa Babulu Darat

Pada Kamis (06/04/2023), Pemerintah Desa Babulu Darat melaksanakan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2023 kepada 76 warga sejumlah Rp. 900.000,00. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tiga bulan berturut-turut, yaitu Januari, Februari, dan Maret. Nominal yang diberikan yaitu Rp. 300.000,00 per bulan. Namun, karena Dana Desa dari pemerintah pusat baru sampai di Pemerintah Desa Babulu Darat pada Maret, sehingga penyerahan uang untuk tiga bulan dilaksanakan dalam satu waktu. Program BLT Dana Desa Tahun 2023 ini akan berlangsung sampai Desember mendatang. 

Jumlah penerima BLT tahun ini berkurang dari sebelumnya, sebab di tahun 2023 dikhususkan untuk warga yang memang membutuhkan bantuan. Hal tersebut sesuai dengan fokus penyerahan BLT Dana Desa Tahun 2023 ini, yaitu untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem. Adapun kriteria masyarakat yang berhak menerima BLT Dana Desa Tahun 2023 adalah sebagai berikut :
1. Kehilangan mata pencaharian
2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel
3. Keluarga yang tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan
4. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

“Tujuan dari BLT Dana Desa Tahun 2023 ini untuk percepatan penuntasan kemiskinan ekstrem. Para penerimanya pun telah melewati proses verifikasi yang ketat,” ujar Bapak Ari Sandi, selaku Pendamping Desa Babulu Darat. Sebelum terselenggaranya penyerahan BLT Dana Desa Tahun 2023 tersebut, Pemerintah Desa Babulu Darat, BPD Babulu Darat, kepala dusun, dan ketua RT masing-masing wilayah melakukan survey langsung untuk menentukan siapa saja warga yang berhak menerima bantuan. Kepala Desa Babulu Darat, Bapak Abdul Zais, juga berpesan bahwa uang yang diberikan agar dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok.