Pelaksanaan Vaksinasi Pemerintah Desa Babulu Darat

  • Apr 15, 2021
  • Admin Desa Babulu Darat

Kegiatan Vaksinasi covid-19 terhadap Perangkat Desa, Staf, BPD hingga RT telah di laksanakan hari ini.

Adapun alur vaksinasi ini yaitu :

- Meja Pertama (Pendaftaran)

Untuk melakukan pendafataran dan verifikasi data.

Petugas memanggil penerima vaksinasi ke meja 1 sesuai dengah nomor urutan kedatangan. Petugas memastikan para penerima vaksin menunjukkan KTP untuk dilakukan verifikasi sesuai dengan tanggal pelayanan vaksinasi yang telah ditentukan.

- Meja Kedua ( Scrining & Pemeriksaan Kesehatan)

Dimeja kedua ini petugas melakukan pemeriksaan kesehatan sederhana berupa Pengecekan Suhu, Tekanan Darah, Saturasi&GDS bagi yang memiliki komorbid DM.

Vaksin tidak diberikan kepada Ibu Hamil, Pasien Komorbid Jantung Coroner, Penderita Penyakit Ginjal dengan terapi Hemodialisa.

Bagi mereka yang pernah terkonfirmasi Positif Covid-19 dapat diberikan Vaksin jika sudah 3bulan terhitung dari masa awal dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19.

Petugas menginput data hasil pemeriksaan dan scrining secara online, jika terkendala jaringan maka petugas melakukan pencatatan secara manual dan kemudian akan diinput secara online setelah jaringan internet tersedia.

Berdasarkan data yang diinput akan keluar rekomendasi hasil apakah sasaran penerima bisa lanjut vaksinasi atau tidak atau harus ditunda.

Jika harus ditunda maka petugas menyampaikan akan ada notifikasi SMS blast ulang atau melalui aplikasi peduli lindungi untuk melakukan registrasi ulang dan menentukan jadwal pengganti.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pengisian keputusan hasil skrining oleh petugas.

Jika saat skrining terdeteksi penyakit tidak menular atau adanya infeksi Covid-19 maka pasien dirujuk ke Poli Umum untuk pemeriksaan lebih lanjut.

- Meja ketiga (vaksinasi)

Di sini dilakukan pemberian vaksin.

Untuk vaksin mutidosis petugas menuliskan tanggal dan jam dibukanya vial vaksin dengan pulpen/spidol di label pada vial vaksin.

Petugas memberikan vaksinasi secara intra muskular sesuai prinsip penyuntikan aman.

Petugas menuliskan nama sasaran, NIK, nama vaksin dan nomor batch vaksin pada sebuah memo.

Memo diberikan kepada sasaran penerima untuk diserahkan kepada petugas di Meja 4.

- Meja keempat (Observasi)

Peserta akan diobservasi selama 30menit untuk memantau adanya KIPI setelah pemberian Vaksin.

Selama observasi 30menit,petugas memantau&mengobservasi peserta.Dan kemudian hasil observasi diinput kedalam sistem online.Petugas Mencetak Kartu Vaksin&Memberikan Edukasi Tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penanggulangan Covid-19.

 

" bagi sebagian masyarakat yang telah di vaksin tetap menaati protokol kesehatan"

&

"Bagi yang belum di vaksin jangan takut, karena semua melalui proses penelitian & pemeriksaan. Ayo berkontribusi dalam perang melawan virus covid 19"