MTQ TINGKAT KECAMATAN BABULU TAHUN 2024

  • Sep 14, 2024
  • Admin Desa Babulu Darat

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XX di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar, pada Rabu malam, 4 September 2024. Acara pembukaan yang digelar di halaman kantor Desa Sri Raharja mengusung tema "Membangun Generasi Muda yang Qurani Menuju Kabupaten PPU yang Religius." Dengan lebih dari 300 peserta dari 12 desa, MTQ ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman agama dan mempererat hubungan antarwarga.

Camat Babulu, Kansip, menekankan bahwa MTQ ini tidak hanya sebagai sarana syiar Islam tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan sosial masyarakat. Perlombaan tahun ini meliputi tilawah, tartil Alquran, Fahmil Alquran, Sahril Alquran, dan kaligrafi, yang berlangsung pada 4 hingga Sabtu, 7 September 2024. Acara ini dihadiri oleh kepala desa se-Kecamatan Babulu, termasuk Kepala Desa Babulu Darat, Bapak Abdul Zais, serta ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa, dan tokoh agama dan masyarakat setempat. MTQ kali ini menjadi momen penting untuk memperkuat identitas religius dan mencetak generasi Qurani yang tangguh.

12 Desa yang terlibat tersebut, yaitu Desa Babulu Darat, Desa Babulu Laut, Desa Gunung Intan, Desa Gunung Makmur, Desa Gunung Mulia, Desa Labangka, Desa Labangka Barat,Desa Rawa Mulia, Desa Rintik, Desa Sebakung Jaya, Desa Sri Raharja dan Desa Sumber Sari

juara umum pada MTQ ke-XX tingkat Kecamatan Babulu tahun ini, yaitu kafilah dari Desa Rawa Mulia dengan 87 Poin, Disusul Dengan Peringkat ke 2 Desa Babulu Darat dengan 79 Poin dan Peringkat ke 3 Desa Babulu Laut dengan 37 Poin.