LAUNCHING BANK SAMPAH BADAR BERSERI DESA BABULU DARAT

  • Dec 26, 2023
  • Admin Desa Babulu Darat

Permasalahan lingkungan memang tidak ada habisnya, terkhusus masalah sampah yang masih menjadi momok di masyarakat. Sebagai upaya pencegahan dari menumpuknya sampah di lingkungan desa, Pemerintah Desa Babulu Darat bersama Karang Taruna Desa Babulu Darat membentuk bank sampah yang bernama Bank Sampah Badar Berseri.

"Fokus utama sekarang bukanlah mengadakan TPS sebanyak-banyaknya, melainkan bagaimana cara agar sampah yang sampai ke TPS dan TPA adalah sampah residu yang memang sudah tidak mampu dimanfaatkan. Untuk mendapatkan sampah residu tersebut diperlukan adanya pemilahan, di mana sampah yang memiliki nilai jual dapat diolah melalui bank sampah," ujar Ibu Tita Deritayati, S.Sos., M.M. selalu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara saat menyampaikan sosialiasi di Launching Bank Sampah Badar Berseri, pada (21/12/2023) lalu.

Acara launching bank sampah yang berlangsung di RT. 006 Jalan Pasar Baru tersebut berlangsung lancar dengan dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, juga dilakukan penimbangan perdana serta penyerahan bantuan tempat sampah dari Dinas Lingkungan Hidup kepada Desa Babulu Darat.

Tak hanya lauching bank sampah, terdapat kegiatan lain pada momen tersebut. Adapun kegiatan tambahan yang berlangsung yaitu penyerahan beberapa bantuan kepada masyarakat guna memaksimalkan aktivitas, yaitu :

  1. Penyerahan bantuan sarana dan prasarana fasilitas posyandu
  2. Penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat miskin
  3. Penyerahan beasiswa kepada pelajar kurang mampu/berprestasi
  4. Penyerahan bantuan perlengkapan sekolah kepada pelajar kurang mampu/berprestasi
  5. Penyerahan bantuan alat gerak kepada penyandang disabilitas
  6. Penyerahan bantuan tenda makam, serta
  7. Penyerahan bantuan fasilitas sarana dan prasarana keagamaan.