KUNJUNGAN PESERTA STUDI TIRU BUMDES SE-KECAMATAN BATUMANDI, KALIMANTAN SELATAN, DI DESA BABULU DARAT

  • Jul 19, 2024
  • Admin Desa Babulu Darat

Pada Senin, (24/06/2024), Pemerintah Desa Babulu Darat menyambut kedatangan 16 pemerintah desa dari Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan di antaranya : Desa Riwa, Desa Batu Mandi, Desa Munjung, Desa Hamparaya, Desa Bakung, Desa Mampari, Desa Timbun Tulang, Desa Lokbatu, Desa Pelajau, Desa Guha, Desa Tariwin, Desa Karuh, Desa Bungur, Desa Teluk Mesjid, Desa Mantimin, dan Desa Banua Hanyar. Yang mana akan mempelajari bagaimana BUMDes Badar jaya Desa Babulu Darat dikelola, mulai dari struktur organisasi, jenis usaha, hingga strategi pengembangan, yang telah meraih prestasi sebagai BUMDes Terbaik se-Provinsi Kalimantan Timur dalam kategori Pengelolaan Keuangan dan Aset pada tahun 2022.

Diharapkan, studi tiru ini dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran berharga bagi desa-desa lain di Kecamatan Batumandi untuk mengembangkan BUMDes di wilayahnya masing-masing. BUMDes Badar Jaya adalah kebanggan Desa Babulu Darat. Salah satu unit usaha andalannya adalah penyewaan tenda dan dekorasi pernikahan. Kunjungan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk membangun hubungan baik dan kerja sama antara BUMDes Badar Jaya dengan BUMDes yang ada di Kecamatan Batumandi.

Studi tiru ini memberikan kesempatan bagi pemerintah desa lain untuk belajar dari pengalaman dan praktik terbaik yang diterapkan oleh BUMDes Badar Jaya. Diharapkan, pengetahuan dan inspirasi yang didapatkan dapat membantu mengembangkan BUMDes di desa masing-masing, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.