GOTONG ROYONG PENGEMBALIAN FUNGSI DRAINASE DI DEPAN PUSKESMAS BABULU DAN SEKITARNYA

  • Jan 15, 2024
  • Admin Desa Babulu Darat

Sehubungan dengan laporan dari berbagai pihak, Pemerintah Desa Babulu Darat bersama Pemerintah Kecamatan Babulu, UPT Puskesmas Babulu, UPT PU Babulu, Damkar Babulu, pada Sabtu (13/01/2024). saling bekerjasama melakukan perbaikan fungsi saluran drainase di depan Puskemas Babulu dan sekitarnya, dimana lokasi tersebut rawan terjadi genangan seusai hujan deras. Adapun langkah yang dilakukan yaitu membuka kembali parit yang tertutup oleh bangunan, tanaman liar, ataupun sampah botol yang tertahan. Selain itu, adanya sedimentasi pasir yang menumpuk di dasar parit menyebabkan terjadinya pendangkalan dan kurang lancarnya sistem drainase jalan provinsi.

Upaya perbaikan ini dilakukan segera guna menanggulangi tingginya genangan air di jalan raya yang dikhawatirkan dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain itu, curah hujan tinggi yang tidak dibarengi dengan fungsi drainase yang tepat akan mempengaruhi aktifitas masyarakat dan mengganggu kebersihan serta keindahan lingkungan, mengingat daerah terdampak merupakan kawasan sentral dari Kecamatan Babulu.

Permasalahan drainase ini bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah dan instansi, tetapi juga tanggungjawab bersama. Oleh sebab itu, Pemerintah Desa Babulu Darat selalu menginisiasi kegiatan gotong royong untuk permasalahan lingkungan sekitar. Hal ini juga menjadi wadah untuk memupuk kebersamaan dan juga meningkatkan kesadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Desa Babulu Darat.